TUGAS INDIVIDU
MANFAAT ICT
DALAM LINGKUP
PAUD
DI
S
U
S
U
N
OLEH :
NURISTIQAMAH
1349042005
KELAS B
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
Manfaat
Pembelajaran TIK pada anak usia dinI
Dalam Era globalisasi
sekarang ini, pemerintah sedang menggalakkan pentingnya pendidikan anak usia
dini. Untuk menciptakan generasi-generasi yang lebih unggul, juga nantinya
mampu bersaing tinggi kelak ketika mereka dewasa dan juga tidak melupakan
nilai-nilai moral dan budaya bangsa Indonesia. Karena anak usia dini merupakan
masa golden age. Dimana terbentuknya pertumbuhan dan perkembangan otak pada
masa-masa usia dini sekitar 0-8 tahun mencapai 80% pertumbuhan dan perkembangan
pada otak manusia. Ibaratnya sebuah spon mereka mampu dan cepat menyerap ilmu
atau apapun yang mereka terima, yang diberikan lingkungannya pada masa
pertumbuhan dan perkembanganya.
Akan tetapi kita tidak
boleh melupakan tugas dan hak kewajiban anak yaitu bermain sambil belajar.
Karena dengan suasana bermain seraya belajar tidak membuat anak merasa ditekan
ataupun tertekan pada situasi dan kondisi mereka yang sedang mempelajari diri
dan juga lingkungannya. Melainkan anak akan mendapat kemudahan pada proses
belajar dalam suasana bermain, yang menyenangkan dan tanpa tekanan. Itulah
sebabnya dikatakan dunia anak adalah dunia bermain.
Tidak
bisa kita pungkiri dalam segala bidang TIK sudah menjadi kebutuhan
pokok pada kehidupan kita. Termasuk dalam dunia pendidikan. TIK memiliki peran
penting dalam sarana dan prasarana pembelajaran. Tujuan pembelajaran TIK pada
anak usia dini adalah mengenalkan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk
memudahkan anak usia dini dalam membantu proses belajar dengan cara yang
menyenangkan, kreatif, imaginative dengan memakai TIK sebagai sumber belajar,
seperti CD interaktif yang kini semakin banyak berkembang dalam modifikasi isi
dari pembelajarannya. Contohnya : belajar berhitung, belajar membaca, mengenal
huruf, mengenal warna, geometri, bentuk, juga mengenal lingkungan,binatang dan
tumbuh-tumbuhan serta lain-lainnya. Ada pula games-games yang menyenangkan
anak-anak tetapi juga syarat dengan pembelajaran seperti puzzle huruf. Sehingga
yang tanpa disadari anak, mereka belajar banyak mengenal kosakata dalam bahasa
inggris. Tau bagaimana berhitung. Yang pada masa sekarang ini banyak orang tua
memaksakan anak belajar tanpa memikirkan kebutuhan dan hak dalam dunia anak
yaitu bermain. Dengan adanya sarana dan prasarana TIK sebagai sumber belajar
menjadikan pembelajaran menjadi lebih atraktif juga kreatif. Membuat anak menjadi
lebih tertantang untuk bermain sambil belajar.
Anak-anak
usia dini sangat cepat dan mudah sekali belajar seraya bermain, yang terkadang
kita sebagai orang tua atau juga sebagai pendidik anak usia dini. Tidak
boleh melupakan pengawasaan dalam pembelajaran yang menggunakan sumber belajar
TIK. Agar anak-anak tidak jauh melenceng dari pengenalan pembelajaran yang kita
harapkan pada tujuan semula menjadikan TIK sebagai sumber belajar yang cocok
dan pantas bagi anak usia dini. Karena sebagai mana kita tau. selain TIK
memiliki dampak positif dalam membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam
belajar, juga memiliki dampak negative jika kita kurang ataupun lengah terhadap
pengawasan dalam pembelajaran yang menggunakan TIK. Oleh karena itu hendaknya
segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan pembelajaran TIK, anak perlu
pengawasan dan pembelajaran yang seimbang dengan jiwa dan kebutuhan
pembelajaran, sehingga anak ataupun peserta didik tidak salah menggunakan
pemanfaatan perkembangan teknologi pembelajaran
DAFTAR PUSTAKA
http://abdhusallampaud.blogspot.com/2013/02/manfaat-pembelajaran-tik-pada-anak-usia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar