TUGAS INDIVIDU
TEKNOLOGI
INFORMASI
DAN
KOMUNIKASI
DI
S
U
S
U
N
OLEH
:
NURISTIQAMAH
1349042005
KELAS
B
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
1). Pengertian TIK menurut para
ahli
Menurut
Eric Deeson
Teknologi informasi dan
komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil, memindahkan, mengolah
dan memproses informasi dalam konteks social yang menguntungkan diri sendiri
dan masyarakat secara keseluruhan.
Menurut
Susanto
Teknologi informasi dan
komunikasi adalah sebuah media atau alat bantuyang digunakan untuk transfer
data baik itu memperoleh data informasi maupun memberikan informasi kepada
orang lain dan juga untuk alat berkomunikasi baik satu arah maupun dua arah.
Kesimpulan
:
Jadi, teknologi informasi dan
komunikasi adalah alat bantu kebutuhan manusia untuk memperoleh data informasi
dan juga member data informasi yang dapat meenguntungkan diri sendiri dan orang
lain.
2). Pengertian computer menurut para ahli
V.C
Hamacher et al, 1982
Computer merupakan mesin
penghitung elektronik dengan cepat dapat menerima informasi input digital,
memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan dimemorinya dan menghasilkan
output informasi.
Robert
H Blissmer, 1985
Komputer adalah suatu elektronik
yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memroses input,
menyimpan perintah-perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
Kesimpulan
:
Jadi, computer adalah alat
elektronik dengan system operasi disertai program yang mampu menerima dan
menyimpan data, mmelakukan pengolahan dan memberikan hasil dalam bentuk
informasi sesuai prosedur operasi yang dirumuskan.
3).
Prinsip kerja computer
- PRINSIP PERTAMA
Komputer
adalah Merupakan suatu alat elektronik yang dapat menerima input data dan
mengolahnya menjadi suatu informasi, dengan menggunakan suatu program yang
tersimpan di memorinya, serta dapat menyimpan program dan hasil pengolahannya,
dimana bekerja secara otomatis.
- Input Device, adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
- Processor, adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu;
- Control Unit (CU), merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
- Arithmetic Logic Unit (ALU), merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
- Read
Only Memory (ROM), yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat
diubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM
diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Tapi pada saat sekarang ini ROM
telah mengalami perkembangan dan jenisnya antara lain ;
a. PROM (Programable ROM), yaitu ROM yang bisa kita program kembali.
b. RPROM (Re-Programable ROM), merupakan perkembangan dari versi PROM.
c. EPROM (Erasable Program ROM), merupakan ROM yang dapat kita hapus dan program kembali.
d. EEPROM (Electrically Erasable Program ROM), perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan teknik elektrik. - Random Access Memori (RAM) adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on). Jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM adalah mempercepat pemroses data pada komputer.
- Memory adalah media penyimpan data pada komputer. Memori ini terbagi atas dua macam, yaitu;
- Output Device, adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya printer, speaker, plotter, monitor dan yang lainnya.
Jadi
prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukan data dari perangkat input,
lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan
dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data
yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.
Sebuah
komputer dapat bekerja dengan melibatkan tiga elemen penting. Dalam penggunaan
komputer sehari-hari, ketiga elemen tersebut terdiri dari:
1.
Hardware (perangkat keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat
dilihat dan dirasakan.
2
. Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna
untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang di kehendaki. Program
tersebut ditulisi dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
3.
Brainware (user atau sumberdaya manusia), personil-personil yang terlibat
langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analis, programmer, operator,
user, dan lain-lain.
- PRINSIP KEDUA
1. Prinsip kerja komputer pada
prinsipnya komputer bekerja berdasarkan program/perintah yang dijalankan oleh
pemakai komputer, kemudian dari program perintah tersebut oleh komputer akan
diproses sehingga akhirnya menghasilkan suatu informasi sebagai hasil dari
proses komputer
2. Prinsip kerja komputer ada 3 tahap
bagian pemasukkan (input device) adalah perintah/progran yang kita jalankan
bagian pengeluaran (output device) adalah hasil proses komputer bagian pemroses
(proses device) adalah yang mengolah data input
3. Skema prinsip kerja komputer seperti
di bawah ini input pemroses output
4. Perangkat input (input device) yang
dimaksud dengan input device adalah semua alat pada komputer yang digunakan
untuk memasukkan data ke bagian pemrosesan komputer misal : keyboard, mouse,
joystik, cd-rom, harddisk, disket, scanner perangkat proses (input device) yang
dimaksud dengan proses device adalah alat pada komputer yang digunakan untuk
memprosessemua data yang diinputkan melalui alat input yang kemudian hasil
pemrosesannya akan ditampilkan ke alat ouput. misal : cpu (central processing
unit)
5. Prinsip
kerja cpu storage
6. Besaran-besaran
yang berhubungan dengan microprocessor komputer
7. Ram
(random acces memory)
8.
Perangkat output
Ketika
teknologi yang digunakan pada komputer digital telah berganti secara dramatis
sejak komputer pertama kali digunakan pada tahun 1940-an, komputer kebanyakan
masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang diusulkan di awal 1940-an oleh
John von Neumann. Arsitektur Von Neumann menjelaskan bahwa komputer memiliko 4
bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat
masukan dan hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh
berkas kawat, “bus” Memori
modul memori RAM. Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
modul memori RAM. Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti “sel” atau “lubang burung dara”), masing-masing berisi sepotong kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu, dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori
menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang belum
berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.Secara umum, memori bisa ditulis
kembali lebih jutaan kali – memori dapat diumpamakan sebagai papan tulis dan
kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis dengan pena
yang tidak dapat dihapus.
Ukuran
masing-masing sel, dan jumlah sel, berubah secara hebat dari komputer ke
komputer, dan teknologi dalam pembuatan memori sudah berubah secara hebat –
dari relay elektromekanik, ke tabung yang diisi dengan air raksa (dan kemudian
pegas) di mana pulsa akustik terbentuk, sampai matriks magnet permanen, ke
setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan jutaan transistor di atas satu
chip silikon.
Pemrosesan
Unit
Pemproses Pusat atau CPU ( central processing unit) berperanan untuk memproses
arahan, melaksanakan pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system
komputer. Unit atau peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input
, output dan storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan.
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan kaki-kakinya
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC – Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan “kerja” yang nyata.
Unit
kontrol menyimpan perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan
ALU untuk melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang
diperlukan untuk melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke
lokasi memori yang sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah
berikutnya (biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu
adalah perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah
berikutnya ditempatkan di lokasi lain).
Input
dan Hasil
I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil
kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy).
Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan disk drive,
ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer, scanner, dan
sebagainya.
Yang
dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah
yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer
hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan
baik. Perintah biasa yang dipahami kebanyakan komputer ialah “menyalin isi sel
123, dan tempat tiruan di sel 456″, “menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan
tempat akibat di sel 013″, dan “jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya
anda di sel 345″.
Instruksi
diwakili dalam komputer sebagai nomor – kode untuk “menyalin” mungkin menjadi
001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang didukung oleh komputer
tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer. Dalam prakteknya, orang
biasanya tidak menulis perintah untuk komputer secara langsung di bahasa mesin
tetapi memakai bahasa pemrograman “tingkat tinggi” yang kemudian diterjemahkan
ke dalam bahasa mesin secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter
dan kompiler). Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa
mesin, seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer
kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit terpadu yang
dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori komputer
ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU. Alat yang
menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary sistem
(misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
4). Klasifikasi computer
Ada tiga jenis komputer yang tergolong berdasarkan data yang diolah, yaitu:
1. Komputer Analog
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
Komputer Analog adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontinu dan pararel. Komputer jenis ini biasanya tidak memerlukan bahasa perantara. Contoh dari Komputer ini adalah komputer yang digunakan untuk mengukur suhu, kecepatan suara, dan voltase listrik.
2. Komputer Digital
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).
Komputer Digital adalah komputer yang digunakan untuk mengolah data kuantitatif seperti huruf, angka, kombinasi huruf dan angka, serta karakter khusus. Biasanya komputer ini memerlukan bahasa perantara (bahasa pemrograman). Salah satu contoh dari Komputer digital adalah PC (personal computer).
3. Komputer Hybrid
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.
Komputer Hybrid merupakan kombinasi antara komputer analog dan komputer digital. contoh dari komputer ini adalah faksimile.
Penggolongan
komputer menurut penggunaannya.
1.Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.
1.Komputer untuk tujuan umum (general purpose computer)
Komputer ini adalah komputer yang biasa kita temukan atau yang biasa kita gunakan sehari-hari. misalnya komputer yang digunakan untuk mengetik, mengolah data perhitungan, mengolah data grafis, mengolah database, dan lain sebagainya. Contoh dari Komputer ini adalah PC dan Laptop.
2.
Komputer untuk tujuan khusus(Special purpose computer).
Special purpose computer adalah komputer yang digunakan secara khusus
dan mempunyai satu fungsi saja. Maksud mempunyai satu fungsi saja itu adalah komputer tersebut tidak digunakan
untuk pekerjaan yang biasanya. Contohnya adalah Komputer SERVER, PC router, atau terminal dumb. kalau masih
bingung, lihat gambar dibawah ini.
penggolongan
komputer berdasarkan Bentuk dan Ukuran. Komputer dibagi menjadi lima penggolongan bentuk dan ukuran:
1.
Supercompute
Supercomputer
adalah jenis komputer
yang digunakan untuk menyelesaikan masalah yang membutuhkan perhitungan sangat
kompleks. Supercomputer ini memang sangat jarang bisa kita temui atau
bahkan kita belum pernah melihatnya sekalipun. Hal ini dikarenakan harga
supercomputer ini relatif sangat mahal. Biasanya supercomputer ini
digunakan di pemerintahan, universitas besar dan perusahaan besar. Supercomputer
banyak diaplikasikan untuk penelitian seperti peramalan cuaca, Simulasi Uji
Nuklir, Simulasi Neuron buatan, dan masih banyak lagi. Supercomputer ini
juga bisa berfungsi sebagai server.
Komputer ini bisa mengkonsumsi listrik sebesar 4,04 Megawatt listrik. Sebagian
besar supercomputer modern saat ini menggunakan sistem operasi LINUX.
2.
Mainframe Computer
Mainframe Computer adalah jenis komputer yang digunakan pada
lingkungan ketika pengguna memerlukan akses untuk menjalankan program, dasn
memakai data secara bersama-sama. Biasanya Komputer jenis ini banyak digunakan
sebagai server e-commerce yang melayanitransaksi melalui internet.
3.
Minicomputer
Komputer jenis ini ukurannya lebih kecil dari
computer mainframe, tetapi lebih besar dari jenis microcomputer.
Biasanya, memiliki beberapa terminal. Komputer jenis ini biasanya digunakan sebagai
server jaringan computer dan jaringan internet.
4. Workstation Computer
Computer Single-user (digunakan oleh
satu orang) yang sangat powerfull. Biasanya digunakan untuk aplikasi yang
membutuhkan perhitungan kompleks dan pekerjaan yang sangat berat, seperti
pembuatan animasi komputer dan lain sebagainya.
5.
Microcomputer/personal computer (PC)
Jenis
komputer pribadi yang digunakan oleh satu orang yang kinerjanya tergantung
dengan kebutuhan. Jenis komputer ini diantaranya PC dan LAPTOP.
Jenis
komputer
Berdasarkan Bentuk
A.
Komputer Desktop
Ukuran fisiknya lumayan kecil,
biasanya cocok diletakkan di atas meja. Bahkan sekarang dikembangkan bentuk komputer desktop yang semakin tipis yang dikenal dengan bentuk
desktop slim. Bentuk desktop ini bisanya dilengkapi dengan banyak ruang yang
disebut expantion slot sebagai tempat untuk card tambahan.
B.
Komputer Tower
Ukuran fisk relatif lebih besar
dibandingkan dengan komputer jenis desktop, cocok untuk diletakkan di samping
atau di atas meja. Komputer Tower memiliki ruang untuk expantion
slot lebih banyak
C.
Komputer Portable
Ukuran
fisiknya sedikit lebih kecil dari komputer desktop dan tower. Seluruh
bagian-bagiannya dijadikan satu agar mudah dibawa kemana-mana. Jenis komputer
ini diciptakan untuk orang yang sering bekerja berpindah-pindah atau
dilapangan. Secara bebas portable artinya mudah dibawa-bawa.
D.
Komputer Laptop/notebook
Adalah
komputer dengan ukuran fisik yang dapat dipangku, ukurannya lebih kecil dari
komputer portable, pada komputer notebook semua komponennya dibuat
menyatu.
E. Komputer Sub Notebook
Ukurannya
sebesar kertas kwarto, tebal kira-kira 5 cm, komputer
sub notebook
masih terus dikembangkan untuk mengecilkan ukurannya.
F. Komputer Palmtop
Komputer
ini dibuat untuk bisa digenggam, bila dibandingkan dengan ukuran kaset
kira-kira sebesar kaset video beta. Untuk arus listrik pada komputer palmtop biasanya didapatkan lewat
baterai.
DAFTAR PUSTAKA
http://dedebrahma.blogspot.com/2012/01/macam-macam-jenis-komputer.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar